Jumat, 06 Januari 2012

Nufit Harnangan

Nufit Harngan yang dikuasai Hala'ai/Rat KANEW bernama LAMUTAN YAMTEL berdemosili di SITHARNOL bernama tiga marga antara lain; marga LOBYA, marga TETOAT,marga OHOITIMUR.
Diberinya nama gelaran Hala'ai/Rat KANEW oleh karena setiap kali berjalan mengunjungi rakyat dalam wilayah kekuasaannya ia memakai tongkat batang pohon KANEW.
Rakyatnya dinamakan BIBTET RATSIW karena pada perjalanan mengunjungi rakyatnya itu ia berkendaraan seekor KAMBING (BIB).

Pada masa kekuasaan Raja/Rat LAMUTAN Yamtel terjadinya pembunuhan dua orang bersaudara, NAR'AHA dan FANEV WAURTAHIT asal kampung Ohoideryamlim.
Pembunuhan dilakukan oleh LOR BIBTET RATSIW atas perintah Rat Kanew berdasarkan Hukum yang berlaku di daerah ini.
Pembunuhan ini terjadi akibat perbuatan NAR'AHA dan FANEV, melakukan pelanggaran kejahatan/penghianatan terhadap DIT SAKMAS istri (permaisuri) HALA'AI ARNUHU SUARUBUN.
Keduanya (Nar'aha - Fanev) ditangkap, diikat pada batang tiang AI NUM di satu tempat tepi teluk Ohoidom marang berdekatan dengan Sitharnol. Mereka dijerahi sampai mati. Tempat itu dinamakan NUUT AI NUM.
Setelah itu Hala'ai/Rat KANEW, menyuruh rakyat BIBTET RAT SIW ke kampung Ohoideryamlim menuntut orang tua kedua korban TESU EVAV WAURTAHIT mas tebusan atas kesalahan perlakuan/perbuatan anak2nya. Perjalanan utusan Bibtet Ratsiw menuju ke Ohoideryamlim (kini disebut Ohoitom)mereka beristirahat pada satu tempat dibawah pohon beringin dipetuanan Ser Sevav, sesudah itu mereka meneruskan perjalanan ke kampung Ohoideryamlim. Pohon beringin yang mereka istirahat dibawanya itu diberi nama VUVU BIBTET RATSIW.
Setelah utusan Bibtet Ratsiw bertemu orang tuanya NAR'AHA dan FANEV mereka menyampaikan pesanan Rat Kanew.
Orang tua kedua korban (Nar'aha Fanev) ialah TESU EVAV WAURTAHIT menyerahkan kepada utusan BIBTET RAT SIW 3 (tiga) buah mas antara lain; 1. Mas NGARUV TESU, 2. mas A FEMAT, 3. mas A SALNGATAN/HENAN. untuk menebus dan meloloskan anak-anaknya dari ancaman pembunuhan, akan tetapi anak-anaknya telah mati terbunuh.

Utusan Lor Bibtet Ratsiw langsung kembali ke Sitharnol, menyerahkan ketiga mas asal TESU EVAV WAURTAHIT bapa dari kedua koeban kepada RAT KANEW.

Masa kekuasaan RAT LAMUTAN YAMTEL berakhir karena wafat. diganti oleh putranya bernama FUAK YAMTEL.

Pada masa kekuasaan Rat Fuak Yamtel terjadi peperangan SITHARNOL dengan LAAR I TEL (Limngoran). Saling serang menyerang. Terakhir Sitharnol diserang secara diam-diam hingga Rat Fuak Yamtel dipanah dan wafat. maka masyarakatnya cerai berai, kerajaannya runtuh.

Marga LOBYA TETOAT dan OHOITIMUR berpindah pemukimannya yang baru dengan memberi nama YATVAV.



Nara Sumber: RAT MANTILUR KISU WAIT VI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

review www.5power.blogspot.com on alexa.com