Minggu, 20 November 2011

Penguasa (Halaai) / Raja/Rat Nufit Haroa jilid 5

Pada masa awal kekuasaan Raja/Rat Mantilur K. W. LA U NGAMEL datanglah di Nufit Haroa - Tuun an fit 3 (tiga) marga berasal dari Ohoi Mantilur/Ohoililir.
Ketiga marga tersebut adalah :
  1. marga FU
  2. marga TUTHOL
  3. marga MASBAITUBUN
Dari Ohoimantilur/Ohililir mereka singgah dan bermukim di HALDAN DEBUT.
Disana ternyata sudah ada marga lain, yang juga asal Ohoililir mendahului dan telah berdemosili di daerah situ dan kampung di namakan DEBUT, serta mereka sudah berkuasa/memiliki pulau sepuluh (NUHU VUT).
Makanya ketiga marga FU, TUTHOL dan MASBAITUBUN berangkat ke wilayah Nufit dengan menyertakan PULAU LIMA (NUHU AN LIM) terdiri atas lima pulau yaitu:
  1. P. WAHA
  2. P. TARWA
  3. P. LIK
  4. P.LABULIN
  5. P. TANGWAIN
Kedatangan mereka diterima oleh RAJA/RAT LA U NGAMEL dan menempatkan mereka di pulau Nuhu Mantean.
Pernyataan penerimaan mereka sebagai berikut:
I WAW, I WAW YA'AN KO
MTU'U DALIL RO BLOI NIL NUTEL
MTOD AN LIM, BI TOD NUHU ANLIM
DAT BLOI TOB TAIBAS, FO I WAW
Perkampungan mereka dinamakan WARBAL di pulau NUHU MANTEAN.
Womanya bernama "KER FAHAI KOT". Satu nama yang tidak sopan hingga Raja/Rat LA U NGAMEL memberi nama lain yaitu "FURLE ROA" adalah nama dari woma SUMLAIN.
Oleh karena ketiga marga ini sudah berdiam di wilayah Nufit Tuun an fit maka mereka adalah Lor Nufit.

Dengan adanya perubahan karena punah dan pindah, maka di Tuun an fit yaitu kampung RELI dan BADANGMAS telah mengalami pergantian nama kampung yang adalah nama baru.
Berpindahnya KAPITAN KEKEAN SAT - SUARANGLUL RENYAAN dengan seluruh keluarga/marga ke Ohoiseb dan punahnya Raja/Rat UN EL LEBYAS LORUBUN serta sebahagian keluarga Lorubun berpindah ke LO'ON EB (Lo on Gelanit dan disana mereka mengganti nama marganya dengan LEFTEW. Selain itu marga KAATUBUN pun punah. Datanglah 2 (dua) marga asal OHOIFUR MADWAT. Marga- marga yang baru datang adalah RUMOHOIRA dan OHOIMURIN. Mereka datang berdiam bersama 2 (dua) marga lain yang telah ada yaitu RUMYAR dan RENFAAN. Mereka bersama sekampung yang diberinama kampung oleh KALKIAN REFAAN "MADWAIR".
Penempatan Hukum KOTFIT oleh RAT UN EL dan KABITAN KEKEAN SAT di kampung RELI woma TAAR WALEK, sedang NGUTUN RIT ditempatkan di kampung BADANGMAS oleh TABI dan TABAI.
DI LAIR AN TEL pun mengalami perubahan akibat punah, pindah dan datang/masuknya marga-marga lain.
Kampung HEMAS YAMLIN penghuninya terdiri dari 5 (lima) marga yaitu: REYAAN HEMAS, TUBUNUBUN, RAHAWAT dan UBEFAR. Karena pindah dan punahnya tiga marga TUBUNUBUN, RAHAWAT dan UBEFAR, tinggallah dua marga REYAAN HEMAS dan YERVUAN.
Kedua marga ini kembali bergabung dengan Ohoideryanlim.
Kampung OHOIDERYAMLIN penghuninya terdiri atas 5 (lima) marga antara lain: KAMEUBUN, WAURTAHIT, LOBLAAR, REYAAN dan REWARIN. Marga Waurtahit mengalami kepunahan akibat terbunuhnya kedua beradik kakak NAR'AHA dan FANEV oleh Lor BIBTET RATSIW. Kemudian baru datang pula/masuk 4 (empat) marga lain di Ohoideryamlin yaitu marga WIRAN, MATDOAN/TENIWUT, NGAMELUBUN dan NGORANUBUN. Tanah bahagian selatan kampung Madwair, sebelah barat dari tanah petuanan SER SEVAV, disebut WIRIN NETWA dihuni oleh SIBANG MAS. Perkampungannya bernama Ohoitanbul. Marga ini telah berpindah ke Kei Besar/Yut MUN. Tempat itu sudah dijadikan satu kampung/ohoi yang nama OHOIDERTUTU, adalah kampung terbaru di Lair en tel. Mereka tergolong LAIR EN TEL kampung tertua dan aslinya adalah OHOIDERTOM (OHOITOM).

Kampung SEVAV RATUT tanah petuanannya adalah SER SEVAV. Penghuninya terdiri dari 4 (empat) marga yaitu: REMETWA/MANUTUBUN, HERWAT, REN EL, WAI EL.
Karena pindah dan punah maka tinggalah REMETWA-MANUTUBUN saja.
Demikian maka perkembangan perubahan dari kampung-kampung di LAIR ANTEL. Namun yang asli disebut LAIR ANTEL di NUFIT adalah kampung-kampung HEMASYAMLIN, OHOIDERYAMLIN(Ohoidertom) dan SEVAV RATUT dengan mempunyai petuanan tertentu.
Sebahagian tanah sebelah barat dari tanah petuanan SER SEVAV adalah tanah milik TUUN ANFIT bernama WIRIN HETWA diberikan kepada MARIN HEMAS menjadi tanah hak pakai, demi memperkokoh kedudukannya di LAIR ANTEL.


Berikutnya Penguasa (Halaai) / Raja/Rat Nufit Haroa jilid 6


Nara Sumber : RAT MANTILUR KISU WAIT VI

4 komentar:

  1. Mohon kepada admin untuk memposting hubungan sejarah antara TENIWUT dan MATDOAN agar anak cucu tahu sejarah mereka..

    BalasHapus
  2. Mohon admin menceritakan sejarah marga Rumohoira yang beragama Muslim

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Keturunan LORUBUN yg ada di loon eb gelang yg berganti nama itu dari keturunan mana?apakah rat un el LEBYAS LORUBUN punya saudara laki laki?

    BalasHapus

review www.5power.blogspot.com on alexa.com