Sabtu, 12 November 2011

Penguasa (Halaai) / Raja/Rat Nufit Haroa jilid 3

Kefakuman kedudukan RAJA UN EL di Reli Nufit Haroa, didengar oleh Raja/Rat BEMAV - FER. Maka dengan menggunakan dasar Putri DIT SAT, Halaai/Rat Bemav datang ke RELI dengan maksud mengangkat KALKIAN RENFAAN menduduki jabatan RAT UN EL. Karena Kalkian Renfaan adalah hamba sahaya tidak layak dan mustahak menduduki jabatan itu, maka pemuka-pemuka dan masyarakat (Lor Nufit) menolak Halaai/Rat Bemav dengan pernyataan berbunyi :
Magrib nvehe fel wod la ai ngon
ron es wang ai nau
Uher Bemav mu kertas ntub wahaian Kilbui Sirken
Bui Sirken wa he e
Halaai/Rat BEMAV tidak berhasil dan kembali ke Kilbui Sirken

Raja/Rat YARBADANG Tetoat dengan membawa Hukum Ngabal datang pula untuk mengangkat Kalkian Renfaan namun pemuka-pemuka dan masyarakat (lor) Nufit menolak dengan dasar dan alasan yang sama yaitu Kalkian Renfaan tidak layak dan tidak mustahak memimpin masyarakat Nufit karena hamba sahaya (ren ren).
Rat YARBADANG Tetoat sengaja meletakan Hukum Ngabalnya di tanjung TUUN WATHUHU untuk menarik Nufit masuk ke pata Lima namun masyarakat Nufit tetap menolak dengan menyatakan bahwa Hukumnya RAT YARBADANG (Ngabal) diletakan disitu hanya untuk melindungi anak saudara/anak darahnya yang berada di MADWAER. Sama sekali tidak mempengaruhi Nufit dan masyarakat umum
Pernyataan penolakan atas maksud dan tujuan RAT YARBADANG adalah sebagai berikut :
TUUN FIT UUN WAT HUNGA LA NDIR
BADANG YAR DAT N ES LAIN KERTAS
MU KERTAS NTUB WAHAIN LAHER HEWAL
HER HEWAL WA HO HO..
Akhirnya terdengar oleh RAT BALDU atas kegagalan RAT BEMAV dan RAT YARBADANG di Nufit.
Berangkatlah RAT BALDU dengan BELAN TAIR U MEHE, membawa sebuah mas bernama A NGANG asal Rahan YEBOR.
Kehadiran RAT BALDU di Nufit tidak langsung ke RELI. Rat Baldu beserta rombongan bertemu pertama dengan orang yang membawa Mas A Yangvot ke Tahai Sirdabro (Dulang). Orangnya ialah YARAHA BAL REWARIN. Jalan yang dilalui Rat Baldu dinamakan DED FID BALDU. Baldu bertemu dengan Yaraha Bal Rewarin, menyerahkan kepadanya (Yaraha Bal) FAAR BALWIRIN. Setelah itu menyapaikan maksud ke datangannya di Nufit. Sesuatu kebijakan Baldu yang harus ditempuh melalui penyelidikan.
Yaraha Bal Rewarin menjelaskan kepada Baldu dan rombongan bahwa menyangkut kedudukan Raja di Nufit (Reli) memang sudah punah dan tidak ada orang yang layak di RELI untuk menduduki jabatan itu. Namun Baldu harus bertemu dengan Marin Hemas Kor Kasik yang punya hubungan dan pengurusan di Nufit umum dan Tuun anfit khusus.
Baldu dengan rombongan bertemu dengan Marin Hemas. Pun hadir Marin Ngamel La'u Kakai. Baldu lalu menyampaikan maksud tujuan dengan menyatakan :
BALDU U WEL U TAL KOT NAIRA
DAT U DUDUNG BIT U RI AI BALSAT
AI BAL NIL NI WEAR HOB
NE U HALHATBA U HALHATBA
NA SUDAFDA LAKMARENG
BOI RUMAR BESMIN I NNHOV
NI TAD WATYAF TAD MANAN WA Ho ho..
Marin Hemas dan Marin Ngamel menjelaskan kepada Baldu bahwa Ia anak darahnya Rat Lobyas Lorubun putri BOK TASIK telah berada di Tanimbar Kai (Masbait)
MA HIR TI NDOK MAM TAHAI LOI FOKFOK
MINAN MOR BOK TASIK DOK MASBAIT
Demikian harus kita bertemu dengannya meminta agar Ia diangkat untuk menduduki kursi Bapanya. Sampailah berita ke Bok Tasik maka munculah Ia di Reli. Marin Hemas dan Marin Ngamel, menjelaskan mengenai maksud tujuan Rat Baldu dan rombongan di Nufit.
Bok Tasik lalu menjawab:
BKAFRE RING DOK BKAFRE NING RING
U FAKULIK NON SUTRA BOITAN
BTEOK LOR TE JAD LERMEHE
JAD LERMEHE WA HE he....




Nara Sumber : RAT MANTILUR KISU WAIT VI

3 komentar:

review www.5power.blogspot.com on alexa.com