Sabtu, 08 Oktober 2011

Wilayah Kabupaten Maluku Tenggara

Gambaran Umum Wilayah Kabupaten Maluku Tenggara .

Kabupaten Maluku Tenggara merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari 68 Pulau , dengan Luas Wilayah Kabupaten ± 7,6 kali luas Daratan , yang tersebar pada 1 ( satu ) kawasan Gugus Pulau , yaitu ; Gugus Pulau Kai, secara administratif Kabupaten Maluku Tenggara terdiri dari 6 ( Enam ) Kecamatan yakni :



1). Kecamatan Kei Kecil dengan 21 Desa, 15 Dusun dan 1 Kelurahan.

2). Kecamatan Kei Kecil Timur dengan 13 Desa, 16 Dusun.

3). Kecamatan Kei Kecil Barat dengan 8 Desa, 2 Dusun.

4). Kecamatan Kei Besar dengan 21 Desa, 14 Dusun.

5). Kecamatan Kei Besar Utara Timur dengan 9 Desa, 21 Dusun.

6). Kecamatan Kei Besar Selatan dengan 14 Desa, 21 Dusun.

Sedangkan secara Geografis terletak pada koordinat 131· - 133 · 5 Bujur Timur dan 5 “ 32 ‘ – 8 ‘ 00’ Lintang Selatan dengan batas wilayah sebagai berikut :

a. Sebelah Utara berbatasan dengan Kota Tual dan Provinsi Papua Bagian
Selatan.
b. Sebelah Selatan berbatasan dengan laut Arafura
c. Sebelah Barat berbatasan dengan Laut Banda dan bagian Utara Kepulauan Tanimbar.
d. Sebelah Timur berbatasan dengan Kepulauan Aru

Topografi Desa – desa pada umumnya tersebar pada ketinggian 0 – 100 m. Sebaran rata-rata kedalaman ( 4 mil dari garis pantai ) di Kei Kecil ( Nuhu Roe ) adalah ≤ 100 m. atau rata – rata Slop ≤ 1,5 % yaitu di Pulau Kei Kecil bagian Barat. Untuk Pulau Kei Besar ( Nuhu Yut ), sebaran rata-rata kedalaman ≤ 100 m berada di bagian Barat Laut , sedangkan bagian Barat Daya dan Bagian Timur kedalaman rata-rata lebih dari 300 m. Kemiringan Daratan Pulau ( Island Flat ) di Pulau Kei Kecil berkisar antara 0 % - 40 % , sedangkan untuk Pulau Kei Besar kemiringan Daratan Pulau adalah Curam ( 15 % - 40 %) sampai dengan sangat curam (≥40%).

Iklim di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara dipengaruhi oleh laut Banda, Laut Arafura dan samudera Indonesia juga dibayangi oleh Pulai Irian di Bagian Timur Benua Australia di Bagian Selatan , sehingga sewaktu-waktu terjadi perubahan Adapun. Adapun Tipe Iklim berdasarkan Klasifikasi Agroklimat Zone menurut OLDMAN , IRSAL dan MULADI ( 1981 ) Maluku Tenggara terdapat Zone C2 bulan basah 5 – 6 bulan dan dan kering 4 – 5 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

review www.5power.blogspot.com on alexa.com